5 Penguat Sinyal HP Terbaik untuk Atasi Masalah Sinyal

2021-12-14 13:50:42 By : Mr. Lein Wang

Telset.id – HP Anda tiba-tiba tidak ada sinyal? Jangan panik, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama kenapa sinyal di smartphone tiba-tiba hilang saat sedang dibutuhkan. Selain itu, ada juga beberapa cara untuk mengatasi sinyal yang hilang di HP Anda.

Memang, hilangnya sinyal di smartphone menjadi permasalahan yang cukup menjengkelkan. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 seperti ini yang mengharuskan kita selalu terhubung secara online untuk belajar ataupun bekerja.

No, apabila Anda mengalami masalah tersebut, tim Telset akan memberikan solusi lewat beberapa cara mengatasi sinyal hilang di HP Android yang bisa Anda terapkan di semua tipe. Yuk simak caranya!

Sebelum masuk ke topik utama, kami akan menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab utama mengapa sinyal dapat hilang di Smartphone Android Anda.

Setidaknya, ada 5 penyebab mengapa sinyal bisa hilang di HP Android Anda. Mulai dari masalah cuaca, hardware, hingga software atau aplikasi yang menjadi penyebabnya.

{Baca juga: 7 tips for Memperkuat Sinyal smartphone untuk "Mudik Virtual"}

Beberapa supplier terkadang tidak memiliki cakupan area jaringan yang luas sampai ke pelosok. Oleh sebab itu, ketika Anda berada di area yang tidak didukung operator selular yang digunakan, maka smart phone Anda pun tidak akan mendapatkan sinyal.

Therefore, pastikan Anda menggunakan provider yang memiliki cakupan area jaringan yang luas untuk mengatasi hal ini.

Operator seluler di Indonesia pasti selalu melakukan perbaikan dan peningkatan jaringan. Akan tetapi, perbaikan tersebut terkadang juga menjadi salah satu penyebab jaringan seluler gangguan hingga benar-benar mati.

Cuaca juga bisa jadi salah satu penyebab HP Android Anda kehilangan sinyal, sobbing. Sering kali, ketika hujan deras yang disertai petir melanda wilayah tempat tinggal Anda, sinyal di ponsel langsung hilang atau bahkan menurun kualitasnya.

Penyebab kenapa sinyal hilang di HP Anda bisa jadi karena kerusakan hardware di dalamnya, salah satunya adalah receiver sinyal. Sekadar informasi, komponen ini punya peran penting untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter.

Jika receiver sinyal di ponsel rusak atau bermasalah, maka jaringan seluler pun akan mengalami gangguan atau bahkan tidak mendapatkan sinyal sama sekali.

Bug atau kerusakan pada software di smartphone Anda juga bisa menjadi salah satu penyebab sinyal hilang. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, seperti mengaktifkan airplane mode sampai restart HP Anda.

Di mana ada masalah, di situ ada solusinya. No, tim Telset akan membagikan kepada Anda cara untuk mengatasi sinyal hilang di HP Android Anda.

Beberapa cara yang kami bagikan sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, simak terus reminds dari kami berikut ini ya!

{Baca juga: 5 Manfaat Mode Rahasia untuk Pengguna Android}

Cara paling simple dan mudah adalah restart HP Anda ketika sinyal tiba-tiba hilang. Dengan melakukan ini, ponsel pintar Anda akan memulai kembali semua proses dari awal, termasuk mencari sinyal dengan maksimal.

Selain restarted his smartphone, Anda juga dapat melakukan cara praktis lainnya untuk mengatasi sinyal yang hilang. right! Nyalakan flight mode dan matikan kembali.

Cara ini cukup ampuh. Sebab, ponsel pintar akan secara otomatis mencari jaringan yang lebih baik ketika menyalakan dan mematikan flight mode.

Kalau cara di atas masih belum berhasil, mungkin ada yang salah dengan posisi kartu SIM Anda di smartphone. Coba periksa kembali apakah pemasangan kartu SIM di slot smartphone sudah benar atau belum.

Jika belum, silakan untuk memperbaikinya kembali. Jangan sampai hal ini terulang terus, sobbing. Pasalnya, posisi kartu SIM yang salah juga berpotensi merusak komponen Anda smart phone.

Jika ternyata penempatan kartu SIM baik-baik saja, ada kemungkinan smartphone Anda yang bermasalah. Untuk memastikannya, coba tukas kartu SIM Anda ke HP lainnya.

Jika smartphone tersebut mendapatkan sinyal, bisa dipastikan ponsel Anda yang bermasalah. Segera bawa ke service center terdekat dan resmi untuk memperbaikinya ya!

Secara default, ponsel Android akan mencari sinyal secara otomatis. Namun, Anda pun bisa mengganti pengaturan tersebut agar Anda dapat memilih jaringan secara manual.

Caranya sangat Muda, sobbing. Masuk ke Settings> SIM card and mobile network> Pilih SIM> Mobile network> matikan switch to automatically select a network.

Anda juga bisa mencoba melakukan turn off the radio untuk mengatasi hilangnya sinyal di smartphone Android. Coba masukkan kode *#*#4636#*#*, kemudian pilih phone information.

Setelah itu, click to run Ping test. Selanjutnya, pilih LTE/GSM car (PRL) atau LTE/UMTS car (PRL). Kemudian tekan Mobile Radio Power atau Turn off the radio.

Jika seluruh proses selesai, restart HP Anda.

Cara-cara di atas ternyata kurang ampuh untuk memperbaiki atau memperkuat sinyal Smart phone Anda yang hilang? Sudah saatnya Anda menggunakan alat penguat sinyal 4G untuk HP Android Anda.

Ada beberapa perangkat yang bisa Anda manfaatkan, dan tentu saja bisa didapatkan dengan mudah di toko offline maupun online. Berikut ini rekomendasi alat penguat sinyal 4G untuk HP Android.

{Baca juga: 5 Cara Stabilkan Ping Game Mobile di Smartphone}

Alat pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah sinyal penguat sinyal yang bisa Anda dapatkan di toko offline ataupun online dengan harga tak sampai Rp 10 ribuan.

Stiker ini diklaim dapat memperkuat sinyal HP Android, iOS, tablet, dan perangkat lainnya yang membutuhkan sinyal. Stiker seperti ini pun bekerja di semua tipe smartphone dengan frekuensi jaringan yang lengkap.

Perangkat selanjutnya, Anda dapat memakai penguat sinyal 4G LTE 1800 MHz yang tersedia di berbagai toko online di Indonesia. Harganya mulai dari Rp 900 ribuan hingga Rp 1,5 jutaan tergantung spesifikasi dan cakupan area jaringan yang didukung oleh alat tersebut.

Dengan alat ini, Anda bisa memperkuat sinyal 4G LTE di smartphone, sekaligus mempercepat koneksi internet. Bisa dicoba nih, whimper!

Alat penguat sinyal HP berikutnya adalah Antena indoor ceiling. Perangkat ini mendukung jaringan 2G, 3G, hingga 4G.

Dibanderol dengan harga mulai Rp 200 ribuan di Tokopedia, alat berbentuk lampu yang diletakkan di plafon rumah itu mampu memperkuat sinyal dengan jarak frekuensi mulai 806 MHz hingga 2500 MHz.

Dijual dengan harga mulai Rp 1,5 jutaan, perangkat ini sudah mendukung sinyal dual frequency 2G di 900 MHz dan 4G di 1800 MHz.

Apabila Anda mengalami kendala sinyal ketika melakukan panggilan telepon ataupun saat internetan, perangkat ini bisa Anda manfaatkan. Repeater atau penguat sinyal Dual Band 2G/4G bisa didapatkan di e-commerce Indonesia.

Terakhir, ada GSM repeater 3G/4G high power dual frequency yang diklaim sebagai alat penguat sinyal HP terbaik. Memang, Anda Harus merogoh kocek lebih dalam karena harga perangkat ini mulai dari Rp 1,6 juta hingga Rp 6 jutaan di toko online.

Sesuai namanya, perangkat tersebut bisa mendukung frekuensi 4G di 1800 MHz dan 3G/WCDMA/HSDPA di 2100 Mhz dengan jangkauan hingga 1.000 m persegi.

Jadi, cocok banget perangkat ini digunakan di tempat atau lingkungan yang susah banget sinyal. Misalnya, gedung perkantoran, villa, dan lainnya.

No, itu tadi penjelasan kami soal penyebab sinyal hilang di HP dan cara mengatasinya di Android. Anda pun dapat memanfaatkan informasi kami terkait alat penguat sinyal yang bebas didapatkan di toko offline maupun online. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (Medium frequency)

Save my name, email, and website in this browser for the next time you comment.